TATA CARA PENYAMPAIAN LAPORAN TRANSAKSI PENYEDIA BARANG DAN/ATAU JASA LAINNYA
1. REGISTRASI, dapat dilakukan dengan salah satu dari cara berikut :
a. MANUAL
1. Mendownload form permohonan registrasi, penyampaian surat pernyataan dan surat pernyataan petugas pelapor di website PPATK
2. Dalam hal PBJ tidak dapat melakukan download form permohonan registrasi, penyampaian surat pernyataan dan surat pernyataan petugas pelapor, maka PBJ dapat mengajukan permohonan registrasi ke PPATK dan PPATK akan mengirimkan form permohonan registrasi, penyampaian surat pernyataan dan surat pernyataan petugas pelapor ke PBJ yang bersangkutan
3. Mengisi form permohonan registrasi, penyampaian surat pernyataan dan surat pernyataan petugas pelapor, kemudian mengirimkan ke PPATK melalui pos atau kurir. Pengiriman Form ditujukan kepada Kepala PPATK
4. Form permohonan registrasi, penyampaian surat pernyataan dan surat pernyataan petugas pelapor ju ga dapat diambil di PPATK dan asosiasi masing-masing PBJ
b. WEB REGISTRASI GRIPS
1. Bisa diklik disini
2. Tata cara REGISTRASI GRIPS dan INSTALASI GRIPS dapat dilihat disini.
2. SISTEM PELAPORAN, bisa dilakukan dengan salah satu cara berikut :
a. MANUAL
1. Form pelaporan dapat diperoleh dengan cara:
1. Mendownload form pelaporan
2. Dimintakan ke PPATK atau asosiasi masing-masing PBJ
2. Pembuatan pelaporan dapat dilakukan dengan:
3. Pengiriman Pelaporan , Laporan yang telah diisi dapat disampaikan dalam bentuk:
4. Pengiriman laporan dapat dilakukan melalui pos atau kurir yang ditujukan ke Kepala PPATK
b. GRIPS
1. Tata cara pengisian laporan transaksi melalui aplikasi GRIPS serta pengiriman laporan secara online dapat dilihat disini.
2. Apabila data yang dilaporkan dalam jumlah besar, Penyedia Barang dan Jasa (PBJ) dapat melakukan upload data. Adapun tahapannya sebagai berikut:
PERATURAN KEPALA PUSAT PELAPORAN DAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN NOMOR: PER-10/1.02.1/PPATK/09/2011 TENTANG PENERAPAN PRINSIP MENGENALI PENGGUNA JASA BAGI PENYEDIA BARANG DAN/ATAU JASA LAINNYA
Peraturan Kepala PPATK Tentang Penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa Bagi Penyedia Barang Dan/Atau Jasa Lainnya Download
Standar Ketentuan Internal Tentang Pelaksanaan PMPJ Bagi PBJ Download
PERATURAN KEPALA PUSAT PELAPORAN DAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN NOMOR : PER-12/1.02.1/PPATK/09/11 TENTANG TATA CARA PELAPORAN TRANSAKSI BAGI PENYEDIA BARANG DAN/ATAU JASA LAINNYA
Peraturan Kepala PPATK Tentang Tata Cara Pelaporan Transaksi Bagi Penyedia Barang Dan/Atau Jasa Lainnya Download
SURAT EDARAN NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG CONTOH FORMULIR SURAT PESANAN BAGI PENYEDIA BARANG DAN/ATAU JASA LAIN DALAM PENERAPAN PRINSIP MENGENALI PENGGUNA JASA
Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2016 tentang Contoh Formulir Surat Pesanan Bagi Penyedia Barang dan/atau Jasa Lain Dalam Penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa Download
Contoh Format Surat Pesanan Download